Rutin, Warga Desa Selat Bergotong Royong Bersih-Bersih di Lingkungan Pura

  • 19 Agustus 2018
  • Dibaca: 838 Pengunjung
Rutin, Warga Desa Selat Bergotong Royong Bersih-Bersih di Lingkungan Pura

SELAT (18/8/2018) - Sejumlah warga Banjar Tegal dan Banjar Mekar sari, Desa Selat bersama adik-adik mahasiswa dari Universitas Udayana melaksanakan gotong royong dan aksi bersih-bersih lingkungan di Kawasan Pura Dalem Desa Selat pada Sabtu Pagi 18 Agustus 2018. Kegiatan ini dilakukan secara rutin untuk menjaga agar kawasan lingkungan pura tetap terjaga kebersihannya dan ini merupakan kelanjutan dari program pemerintah yang mencanangkan program padat karya kebersihan dalam menjaga lingkungan setiap desa bebas sampah terutama sampah plastik dan sampah-sampah yang sulit di urai oleh lingungan. Lokasinya juga digilir, mulai dari depan rumah masing-masing warga, Balai Banjar hingga kawasan suci seperti Pura sehingga tercipta lingkungan bersih dan nyaman dipandang mata.

Menfaat kebersihan lingkungan khususnya  lingkungan pura  akan membuat Suasana persembahyangan menjadi nyaman dan menambah kekhusukan dalam melakukan kegiatan keagamaan, selain itu kebersihan lingkungan akan membuat kita terhindar dari kemungkinan terserang berbagai penyakit. Udara yang bersih dan segar sangat baik untuk pernafasan baik untuk manusia maupun binatang dan lingkungan hidup.

Di waktu yang bersamaan, warga Banjar Selat dan Selat Anyar melakukan kegiatan yang serupa, kali ini Banjar Selat dan Selat Anyar mendapat giliran bersih-bersih di Pura Desa dan Puseh. Kegiatan ini juga dihadiri oleh Perbekel Selat, I Made Semawan bersama Perangkat Desa dan jajarannya. “Saya melihat sampah menjadi masalah utama di setiap desa, bahkan negara. Untuk itu saya mengajak warga melakukan bersih-bersih mulai dari diri sendiri, sehingga kebiasaan ini bisa menular ke orang-orang di sekitar dan tanpa disadari kita sudah berjuang meyelamatkan Bumi ini” Ucap Perbekel Selat Saat ditemui seusai kegiatan. Aksi bersih-bersih yang dilakukan secara rutin oleh masyarakat secara tidak langsung bisa mengedukasi dan membangun kesadaran masyarakat akan pentingnya menjaga kebersihan lingkungan mulai dari rumah tangga, lingkungan banjar hingga kawasan suci seperti pura. (0017/KIMSLT)

  • 19 Agustus 2018
  • Dibaca: 838 Pengunjung

Berita Terkait Lainnya

Cari Berita