SEHAT DENGAN TERAPI TERTAWA

  • 17 September 2018
  • Dibaca: 291 Pengunjung
SEHAT DENGAN TERAPI TERTAWA

SELAT – Salah satu program Karang Lansia  di Desa Selat adalah Yoga. Kegiatan ini dibuka untuk kalangan umum dan dilaksanakan seminggu sekali oleh Ketua Koordinator I Wayan Kepeg yang sekaligus sebagai Jro Mangku Pura Nambenan bersama instruktur Yoga Ni Ketut Suati. Kegiatan ini dilaksanakan tepat setiap hari jumat mulai dari pukul 16:00 – 18:00 Wita diwantilan Desa Selat, Kec. Abiansemal, Kab. Badung. Kegiatan yoga ini diikuti dari berbagai usia baik remaja sampai Lansia dan baru memiliki anggota sebanyak 45 orang. Seiring berjalannya waktu, kepopuleran olahraga yoga kian meroket dengan jenisnya semakin beraneka ragam. Selain yoga kambing ada satu jenis yoga yang juga tergolong unik yaitu, yoga tertawa yang diterapkan oleh instruktur yoga Ni Ketut Suati kepada Komunitas Yoga di Desa Selat. Terapi yoga tertawa sudah diperkenalkan ke masyarakat sejak beberapa tahun lalu. Terapi ini meliputi sesi latihan pernapasan dan juga sesi di mana kita memaksa diri kita untuk tertawa beserta peserta lainnya. Memang terdengar aneh, namun memaksakan diri untuk tertawa lama-lama akan membuat diri kita betul-betul tertawa lantaran semua yang tertawa terlihat konyol dan akhirnya tawa yang sebenarnya pun muncul dari dalam diri sendiri (14/09/2018).

Ni Ketut Suati saat diwawancarai seusai kegiatan yoga mengatakan, jangan peduli dengan pandangan orang yang melihat kita tertawa, harus positive thinking anggap orang lain ikut tertawa dan bahagia bersama kita meski sederhana, ternyata tertawa memiliki banyak manfaat. Tertawa dapat meningkatkan kekebalan tubuh karena itu bila ingin sehat dengan cara murah, tertawa adalah solusinya. Otak kanan dan kiri menjadi seimbang, solusi buat mereka yang berpenyakit tekanan darah tinggi dan jantung, tertawa bagus dijadikan pilihan. Salah satu peserta yoga Ni Nyoman Sehati menyampaikan, selama mengikuti kegiatan yoga menunjukan adanya perubahan drastis pada suasana hati dan lebih semangat menjalankan hidup dengan pikiran positif, Kesehatan mental, waktu istirahat lebih teratur, durasi tidur optimal serta pola makan terstruktur dengan baik.

Jro Mangku Pura Nambenan I Wayan Kepeg selaku koordinator komunitas yoga saat diwawancarai mengatakan, Saya sangat senang melihat antusias masyarakat Desa Selat baik dari usia remaja sampai lansia yang sudah ikut kegiatan yoga ini, semoga terus berjalan lancar sesuai harapan kita bersama menjalani hidup sehat. Dan saya juga mengajak seluruh masyarakat Desa Selat yang belum bergabung agar bergabung untuk mengikuti kegiatan dari kami, Komunitas Yoga. Kegiatan ini tidak dipungut biaya karena saya selaku koordinator sudah menyampaikan kepada Perbekel Desa Selat, agar komunitas yoga ini dibuatkan anggaran dan saya sudah usulkan hal itu. Jelasnya.

“ Kita di Desa wajib melakukan inovasi-inovasi kegiatan supaya kegiatannya tidak monoton itu-itu saja setiap tahunnya. Kita di Pemerintahan sudah berkordinasi dengan penyelenggara dan BPD, kita sepakat untuk mendukung kegiatan ini sampai tuntas ”.  Jelas Perbekel Selat I Made Semawan. (003/KIMSLT)

  • 17 September 2018
  • Dibaca: 291 Pengunjung

Berita Terkait Lainnya

Cari Berita