PERSIAPAN PARADE BALEGANJUR REMAJA MENJELANG PORSENIDES DESA SELAT TAHUN 2018

  • 18 September 2018
  • Dibaca: 184 Pengunjung
PERSIAPAN PARADE BALEGANJUR REMAJA MENJELANG PORSENIDES  DESA SELAT TAHUN 2018

SELAT - Kesenian merupakan unsur kebudayaan yang selalu mengalami perkembangan dan perubahan dari masa ke masa. Perubahan itu didasari oleh pandangan manusia yang dinamis dan semakin lama semakin berkembang dalam konsep proses dan hasil karya berkesenian. Hal tersebut dapat dimengerti karena kesenian merupakan salah satu unsur kebudayaan dan manusia adalah pencipta sekaligus penikmatnya.Salah satunya ialah Parade Baleganjur Remaja. Gamelan Baleganjur adalah satu kesenian umat Hindu dari Bali yang hingga sekarang masih tetap eksis. Hingga kini ada dua pengertian berbeda melekat dengan gamelan prosesi ini. Yang pertama adalah musik pengusir Bhuta Kala sehingga disebut Kalaganjur, yang kedua adalah sebagai musik pembangkit semangat sehingga disebut Balaganjur.Berbagai kompetisi sering diadakan dan kompetisi tersebut mempunyai kontribusi cukup besar dalam menarik minat generasi muda untuk terus menekuni dan melestarikan Kesenian Baleganjur di Bali.Oleh karena itu,  Pemerintah Desa Selat melalui Banjar Dinas se-desa Selat menggelar latihan persiapan Sekaa Baleganjur remaja, yakni kontingen dari Banjar Dinas Selat Anyar, Banjar Dinas Selat, Banjar Dinas Tegal dan Banjar Dinas Mekar Sari dalam Pekan Olahraga dan Seni Desa (PORSENIDES) ke-3 yang akan dilaksanakan pada pertengahan bulan Oktober tahun 2018 di Desa Selat, Kecamatan Abiansemal, Kabupaten Badung(18/09/2018).

Agus Adi Putra selaku ketua pemuda Banjar Selat Anyar mengatakan, program kegiatan parade baleganjur remaja yang akan dilaksanakan oleh Pemerintah Dinas Desa Selat ini sangat baik menurut saya, apalagi program parade baleganjur ini sudah dilaksanakan kedua kalinya di PORSENIDES yang ke-3 pada tahun 2018. Disamping memberikan pelatihan dan pembinaan ke setiap pemuda di Desa Selat tentang seni gamelan baleganjur, juga meningkatkan kreativitas pemuda-pemuda di Desa Selat agar lebih aktif dalam setiap kegiatan.

Kelian Banjar Dinas Selat Anyar I Ketut Parwata juga menyatakan, “saya dan seluruh kelian Banjar Dinas di Desa Selat mengucapkan terimakasih kepada generasi kami yaitu para pemuda-pemudi se-desa Selat, yang ikut berpartisipasi dalam memeriahkan PORSENIDES Desa Selat yang akan diadakan pertengahan bulan oktober ini. Dan kami dari pihak pengurus akan berusaha memberikan pelayanan terbaik kepada para kontingen kami yang akan mewakili Banjarnya masing-masing. Tentunya saya dan seluruh Kelian Banjar Dinas di Desa Selat mengharapkan kerjasamanya baik dari pemuda dan seluruh masyarakat di Desa Selat dalam menyukseskan PORSENIDES tahun 2018”.

Perbekel I Made Semawan saat ditemui di Kantor Dinas Desa Selat mengatakan, aktifitas seni merupakan bentuk penguatan kebudayaan, terutama dikalangan generasi muda. Kegiatan seni dan budaya ini memiliki segi positif antara lain mengasah kreativitas serta menghindarkan generasi muda dari pengaruh negatif.“Harapan saya, dengan diadakannya PORSENIDES ini para generasi muda bisa lebih aktif, kreatif dan inovatif dalam berbagai kegiatan yang akan diselenggarakan di PORSENIDES Desa Selat tahun 2018, salah satunya parade baleganjur remaja ini.”Jelasnya

(003/KIM-SLT)

  • 18 September 2018
  • Dibaca: 184 Pengunjung

Berita Terkait Lainnya

Cari Berita